feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Menduplikat Hardisk Untuk Backup @ Mesin Kasir

Menduplikat Hardisk Untuk Backup @ Mesin Kasir
April 30, 2009 · Tinggalkan sebuah Komentar

Sering kita memerlukan beberapa komputer dengan spesifikasi yang sama untuk beberapa keperluan, maka lebih efisien bila kita buat sebuah hardisk yang berisi sistem operasi dan perangkat aplikasi pendukung kemudian kita gandakan. Misal komputer POS, kita sebaiknya mempunyai cadangan hardisk untuk POS, jadi jika sewaktu-waktu terjadi crash pada hardisk kasir POS maka kita bisa repair komputer kasir tersebut dengan cepat. Memang saya merekomendasi melakukan install soft POS lewat CD installer POS, namum itu cukup memakan waktu, nah dengan memanfaatkan software cloning/duplikasi hardisk (tanpa ada maksud untuk menggandakan kasir POS) untuk keperluan urgency tersebut.
Banyak perangkat lunak yang mendukung hal tersebut, tetapi sebaiknya anda coba menggunakan fasilitas Xcopy yang sudah menjadi bawaan dari Window inilah caranya :
Caranya gampang sekali, yaitu kita memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan windows yaitu pada folder c:\windows\command. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:
Instalkan sistem operasi Windows beserta program aplikasi yang dibutuhkan ke hardisk yang akan dijadikan induknya/ sumbernya dan letakkan pada IDE Primary Master.
Booting dari hardisk induk, dan ingat hardisk kedua harus pada IDE Slave.
Gunakan Ms-Dos prompt Windows dengan cara klik start>Program>Ms-Dos Prompt.
Setelah muncul C prompt ketik perintah format d:u atau format d:/q/u untuk mempercepat proses format.
setelah selesai , keluarlah dari direktori windows dengan perintah cd.., lalu tekan enter,
Kemudian ketikan perintah berikut: xcopy/h/e/r/y/s/c/k c: d: tekan enter untuk memulai proses kloning.
Setelah selesai, matikan komputer anda dan coba booting dari hardisk hasil cloning kita tadi.
Usahakan agar semua PNP device yang terdapat pada CPU hardisk Master sama dengan PNP device pada hardisk slave, pastikan used space pada hardisk Master dapat ditampung oleh free space pada hardisk slave.

sumber : http://rre-jombang.blogspot.com/



0 komentar:

Poskan Komentar