feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Cara Liat virus

by Freddy Hernawan on Jun.30, 2008, under Komputer, Opini, virus

Hari ini, sambil nunggu client, saya ada nerima telepon interlokal nanyain soal “kena virus”. “duh virus lagi virus lagi” itu kalimat yang muncul dalam benak saya.

Soal virus kenapa banyak orang yang suka terkena? karena mereka tidak mengetahui ciri ciri virus. cuma ngandalin anti viri tanpa mau tahu apa sebenarnya file (virus) itu. padahal virus bisa saja bersembuyi di balik berbagai macam jenis file. dengan sedikit trik “human engineering” atau biasa saya sebut sebagai “kelemahan sifat manusia” maka dengan gampang orang akan terkena virus. contohnya misalnya buat saja file atau folder “cewek telanjang” pasti orang akan penasaran dan langsung berebut untuk melihatnya. utk melihatnya tentu dengan cara klik. tanpa berpikir panjang (hanya ikutin emosi doang) apakah hal itu palsu, palesu, fake, bohongan, tipuan ataupun sebutan lainnya. yah otomatis, jika file atau folder yang di tunggangi itu adalah virus, tetep (proses klik) itu akan mengeksekusi virus yang ada di dalam nya.

Sering saya katakan, kalau virus ibarat seperti dinamit. jika tidak ada yang menyulutnya, dinamit itu tidak akan meledak. begitu juga dengan klik yang kita akibatkan. dengan sekali klik saja, virus bsia menyebar dengan sendirinya kedalam system.

Media yang memang sering digunakan untuk penyebaran virus adalah media penyimpanan (storage) seperti MMC, Flash disk dan lain sebagainya. untuk mengetahui adanya virus pada sebuah laptop atau komputer yang terjangkit sangatlah gampang.

Cara liat virus (kalau ada virusnya)

dari My Computer —> Tool –> Folder Option –> View –> advance settings –> Hidded files and folder pilih yang show hidden files dibawahnya pilihan atau centang “hide protected operating system files” dihilangkan. kemudian “Ok” kan semua dengan menekan tombol “OK”.

Kemungkinan besar virus menyebar lewat Flash disk. untuk menegtahui komputer atau laptop kita terkena virus, maka caranya adalah;

coba colokin Flash disk (bisa juga pakai MMC, stick duo atau media penyimpan lainnya) ke

komputer atau laptop yang di curigai terkena virus
masuk ke My Computer –> klik kanan Flash disk –> Open. kalau ada file aneh aneh, atau biasa berextensi Exe, pif, com ataupun autorun.inf coba perikasa. kemungkinan besar itu virus.

Kalau dah tahu ada virus, jd tahukan apa langkah selanjutnya?

Tahukan apa nama virus nya?

Jadi tahu kan gimana cara buangnya?

Maka selesailah sudah masalahnya.

Demikian ulasan saya kali ini. tulisan diatas adalah murni dari tehnik yang saya temukan sendiri. dan bukan hasil temuan dari media manapun. Jika ada suatu kemiripan tehnik, maka hal itu bukan suatu kesengajaan.





0 komentar:

Poskan Komentar