feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

Beli Modem Buat Flash

by Freddy Hernawan on Jun.17, 2008, under Hardware, Internet

Kemaren saking sibuknya saya sampai nggak sempat buat tulisan. Nah, sekarang saya lagi santai untk membuat tulisan. Kemaren, saya membeli sebuah modem, khusus untuk jaringan GPRS/EDGE, HSDPA/UMTS. Rencananya modem tersebut akan ayah saya gunakan untuk kartu HALO yang beberapa hari sudah berada di tangan.

Merk Modem itu adalah Vodafone. berikut adalah gambarnya ketika masih dalam kotak.

modem1

Kalau dibuka, isinya terdiri dari;

modem2

Modem, Buku Manual, CD Driver dan kabel USB to miniUSB. Sayang CD nya udah nggak asli lagi dari sana. entah mengapa, mungkin yang asli nya rusak lalu diganti yang begitu. oiya, saya beli modem nya itu dengan harga Rp. 1,5 jt. mahal kali yah…

Mengapa saya beli modem itu?

beberapa faktor yang saya tentang modem ini karena modem ini didatangkan dari jerman (VOdafone Mbok..) dan yang kedua yang saya suka dari modem ini adalah dia memiliki colokan atau jack Antena External. keren kan..? nih liat aja gambarnya.

modem4

Setelah saya Install driver dan colokin modem nya ke laptop, ternyata langsung jalan tanpa harus setting macam-macam lagi. memang lebih gampang pakai modem ketimbang pakai HP sebagai modem.

modem3

Gambar diatas adalah tampilan ketika modem bekerja dengan menggunakan opsi GPRS. terlihat bahwa sinyal yang ditunjukkan sangat baik.

Telkomsel GPRS

Gambar diatas adalah gambar DU Meter untuk kecepatan koneksi GPRS TElkomsel. Kencengnya sesuai dengan teknologi GPRS itu sendiri. dari beberapa percobaan, Koneksi GPRS suka bengong atau freeze untuk beberapa menit pemakaian. sungguh tidak bersahabat jika menggunakannya untuk download file besar tanpa downloader client.

****

Karena dari posisi rumah saya waktu uji coba kurang stabil jaringan UMTS nya, maka saya berniat untuk pergi ke tengah kota. Target saya adalah Mega Mall A.Yani. sudah sampai di kawasan mega mall, saya naik ke lantai 2. dan dapat kursi lebar yang sepi.

Modem segera saya colok, dan saya koneksikan ke jaringan telkomsel. Aha, ternyata sinyal koneksi UMTS di mega mall A.yani sungguh baik. berikut gambar sinyal yang saya dapatkan dari modem.

modem5

Saya melakukan uji coba koneksi Flash dengan melakukan download file. berikut grafik yang dihasilkan oleh program DU Meter saya.

telkomsel UTMS

Grafik hasil Browsing dan blogwalking

Flash 2

Gambar diatas, adalah gambar downlaod file. Hmm.. saya rasa cocok lah dengan paket Flash yang ditawarkan, up to 256 kbps hanya dengan uang 125 rb + ppn10% cukuplah dibilang murah untuk koneksi cepat saat ini.

Nilai akhir dari uji coba ini, saya katakan untuk saat ini saya PUAS. Saran untuk pihak telkomsel, semoga jaringan 3G nya di perluas lagi. jangan hanya di tengah kota saja yang bisa menikmati 3G ini.





0 komentar:

Posting Komentar