feedburner
Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

feedburner count

ASUS MARS 295 Limited Edition (Dual GTX 285)


ASUS MARS 295 Limited Edition (Dual GTX 285) Print E-mail
Saturday, 30 May 2009


ImageBagi Anda yang memiliki budget 'unlimited', siapkan dana Anda, karena ASUS menghadirkan ASUS MARS 295 Limited Edition - kartu grafis Dual-GPU dengan performa terbaik saat ini. ASUS MARS 295 merupakan versi 'modded' NVIDIA GTX 295 (Dual GTX 275) yang diubah menjadi Dual GTX 285. Walaupun ASUS belum mengeluarkan tanggal rilis secara resmi, sepertinya kartu grafis ini akan diumumkan dalam waktu dekat.

Spesifikasi resmi

ASUS MARS 295 menggunakan dua buah PCB dengan chip grafis NVIDIA G200-350-B3, chip grafis yang digunakan pada NVIDIA GTX 285 digabungkan dengan bridge dalam satu PCI-Express interface. Default clock speed yang digunakan sama dengan spesifikasi NVIDIA GTX 285 yaitu 648MHz core clock, 1476MHz shader clock, 1242MHz memory clock. Kedua PCB menampung 32 chip memori dengan kapasitas total memori grafis GDDR3 sebesar 4GB! Cukup untuk menghasilkan playable frame rate, full detail - full High-definiton resolution pada game DirectX 10 terberat sekalipun yang tersedia di pasaran saat ini.

Dan bagi Anda 'FPS-sensitive' enthusiast yang selalu mengejar score benchmark dan perfoma gaming yang lebih tinggi, ASUS Europe, Middle East and Africa (EMEA) menjanjikan peningkatan score 3DMark Vantage pada ASUS MARS 295 secara signifikan dibanding NVIDIA GTX 295 reference card yang ada saat ini di pasaran.



Image



'Melanggar' kebijakan NVIDIA

NVIDIA memiliki kebijakan ketat mengenai terhadap produksi kartu grafis high-end miliknya. Selama bertahun-tahun, NVIDIA men-supply para manufaktur kartu grafis dengan reference graphic boards dalam pengawasan NVIDIA dan perjanjian aturan produksi dalam bentuk kontrak. Model outsourcing NVIDIA terbukti mampu mempercepat jadwal rilis dan penjualan setiap seri kartu grafis NVIDIA di pasaran dan juga menjamin kualitas produk yang terjaga dengan baik. Namun hal ini juga mengakibatkan masing-masing manufaktur sulit untuk membuat produknya 'tampil beda' dari seri kartu grafis NVIDIA yang sama buatan kompetitornya.

ASUS melalui MARS 295, memberikan pilihan (upgrade) kartu grafis GTX 295 dengan menggunakan chip grafis yang lebih tinggi dari desain produksi reference card GTX 295. Hal ini sedikit banyak 'melanggar' kebijakan NVIDIA yang hanya memperbolehkan penggunaan reference graphic boards pada setiap produksi kartu grafis NVIDIA.

Sebagai informasi, NVIDIA sebenarnya telah melonggarkan kebijakan produksi kartu grafisnya dengan mengijinkan modifikasi GPU seri GTX 260 dan GTX 285. Hal ini berkaitan dengan melemahnya penjualan selama masa resesi ekonomi dan untuk memberikan solusi bagi para partner manufaktur NVIDIA dalam mengembangkan dan memproduksi kartu grafis non-reference NVIDIA dengan harga yang lebih murah. Patut disimak apakah ASUS MARS 295 berhasil rilis ke pasaran dan berapa MSRP yang akan diberikan oleh ASUS.

Source: Engadget, techPowerUp!, X-bit Labs

Author: Christian Sahala



0 komentar:

Poskan Komentar